SMK Negeri 1 Mimika Mendapatkan Predikat Unggulan Dari Kemendigbud

Tambelopapua.com- Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mimika mendapatkan predikat yang di berikan pada tahun 2022 oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan, untuk menjadi SMK pusat keunggulan ( PK ).

Hal ini di benarkan oleh kepala sekolah Drs. Selsius E. Aron, M.Pd, Kepala SMK N 1 Teknologi Rekayasa Mimika kepada media Tambelo papua.com

Selsius menyampaikan kepala sekolah telah menandatangani MOU dan sudah mengirimkan ke Jakarta juga telah mengikuti bimbingan teknik.

Dalam waktu dekat SMK negeri satu akan menerima bantuan dari kementrian untuk segera menjalankan program PK teknologi rekayasa.

Lanjut kepsek, SMK negeri satu mimika akan mengembangkan kompetensi alat berat, ia mengatakan SMK di Papua yakni hanya SMK negeri satu mimika yang mempunyai kompetensi alat berat.

Baik kompetensi dari guru sendiri akan di latih juga bantuan peralatan alat berat akan di beli seperti exavator untuk mendukung program tersebut

Sehingga siswa mampu mengenal alat berat juga mengoperasikan alat tersebut, dari 70 persen dari dana bantuan kementerian pendidikan akan di peruntukan untuk pembeli alat berat dan 30 persen akan di gunakan untuk pelatiha guru materi kurikulum merdeka belajar.

Kepsek berharap program kompetensi keahlian alat berat dapat bermanfaat bagi anak anak SMK negeri satu mimika,juga dapat bermanfaat untuk berkarir di industri yang ada seperti PT Freeport indonesi dan beberapa kontraktor yang ada di mimika yang menjadi mitra kerja Freeport.

Dari tiga belas ribu SMK se indonesia yang di usalkan untuk mendapatkan program unggulan ini, tahun 2022 hanya empat ratus lima puluh SMK yang mendapatkan nya salah satunya smk negeri satu mimika.

Kepsek menyampaikan proses seleksi nya untuk mendapatkan bantuan PK kementrian program kompetensi alat berat ini tidak mudah karena melalui tahapan tahapan yang di mudah. Karena di nilai dari program keahlian sekolah juga jumlah siswanya.

Berdasarkan Permendikbud 56 tahun 2021 SMK yang mendapatkan program keunggulan yakni kelas satu harus menerapkan sistem kurikulum merdeka belajar.

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria.

SMK negeri satu mimika juga akan membangun mitra dengan salah satu perguruan tinggi dan juga perusahaan mitra kerja yang ada di PT Freeport indonesia.

Semoga dalam waktu dekat SMK negeri satu mimika akan menjalankan program pusat keunggulan yang di maksud.

Penulis: Yongky RayarEditor: Two

You cannot copy content of this page