Pemkab Mimika Akan Membangun Pasar di Kwamki Narama

Kepala Distrik Kwamki Narama, Hence Suebu, SE MSi

Tambelopapua.com- Pemerintah Kabupaten (pemkab) Mimika melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag) Kabupaten Mimika tahun ini akan membangun bagi masyarakat di Kwamki Lama di Distrik Kwamki Narama.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Distrik Kwamki Narama, Hence Suebu, SE MSi kepada Goldeninfo.net di Kantor DPRD Mimika Senin (23/5/2022). Kata Hence, pasar ini dibangun dengan lokasi didepan kios panjang di Kwamki Lama dengan sumber dana dari dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun anggaran 2022.

“Pemerintahan Distrik mengimbau pekerjaan gedung pasar dari OPD teknis dapat memperhatikan kualitas pekerjaan. Kualitas tidak hanya menyangkut mutu pekerjaan, tapi juga desain dan model konstruksi gedung pacarnya harus mempertimbangkan nilai estetikanya,” kata Hence.

Dia menuturkan informasi yang dia peroleh bulan Juni sudah mulai pekerjaan fundasinya. Untuk luas bangunan dia menjelaskan belum tahu berapa besar dan luas bangunan karena perencanaan dan penganggaran ada di Disperindag. Jadi Disperindag lebih tahu soal fisik bangunannya apakah hanya dibangun seperti los-los atau ada sekat-sekqt ruangan untuk pedagang atau mama-mama taruh barang.

Mengenai anggaran juga dia hanya tahu sumbernya dari dana Otsus sementara nilainya ada di Disperindag sebagai pemilik pekerjaan.

Untuk bangunan fisik tahun ini di Kwamki Narama yang pemkab Bangun bukan saja Pasar melainkan ada juga pemasangan lampu jalan dsri Dinas Pemukiman, Perumahan dan Penataan Ruang yang jumlahnya lumayan banyak, juga dari Dinas Perhubungan. Ada juga pembangunan jalan oleh DPU menuju gedung puskesmas yang baru, dan beberapa pekerjaan yang lain.

Untuk lampu jalan akan dibangun secara full keliling Kwamki Narama sampai di Ile Yale SP3. Program Untuk Kwamki tiap tahun diusulkan dalam musrembang mulai dari Kampung, distrik hingga kabupaten. Bila yang belum terakomodir tahun ini bisa di programkan untuk tahun depan.

Penulis : Romanus

You cannot copy content of this page