Sekolah Sekitar Nawaripi dan Sekitarnya Perhatikan kebijakan Sonasi Dalam Penerimaan Siswa Baru

Tambelopapua.com- Kepala Kampung Nawaripi Norbertus Dotubun mengingatkan sekolah-sekolah di wilayah Nawaripi dan sekitarnya agar memperhatikan kebijakan senasi yang diterapkan pemerintah dengan memprioritaskan anak-anak disekitar wilayah senasi sekolah tersebut berada.

Yang Masuk dalam kampung Nawaripi ada SMN I dan SMK Harapan, SMK maka ada kebijakan sekolah untuk memberi perhatian terhadap anak-anak sekitarnya. Begitu pula sekolah yang ada dikampung atau kelurahan tetangga seperti Mawokaujaya dengan sekolah Kalam Kudus wajib mengamankan kebijakan ini agar anak kampung bisa menikmati pendidikan di sekolah bermutu.

“Jika anak dsri kampung Nawaripi yang melamar ke sana sekolah harus perhatikan dari sisi sonasi. Senasib tidak memberi kemudahan pada anak dan orangtua tapi beri kesempatan dan kemudahan buat mereka agar mereka mendapatkan kemudahan dalam pendidikan,” kata Norman saat ditemui di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Nawaripi, Senin (30/5/2022).

Kata dia kepala sekolah dan dewan guru sudah tahu jika ada anak Nawaripi, Mawokaujaya, Wonosarijaya dan sekitarnya datang melamar harus diterima dan jangan tolak. Jika sekolah tolak itu melanggar kebijakan sonasi yang susah diputuskan Kementrian Pendidikan.

Sebagai pelaksana di tingkat bawah kepada sekolah wajib amankan keputusan tertinggi dan jika ditolak berarti mereka menolak keputusan diatasnya.

Soal biaya terang dia harus ada kebijakan sekolah untuk membantu warga sekitarnya dengan biaya yang jauh lebih murah. Kehadiran lembaga pendidikan di sebuah daerah untuk membantu masyarakat salah satunya masyarakat tidak mampu agar anaknya bisa sekolah di sekolah tersebut. (rom)

You cannot copy content of this page