BPS Sensus Penduduk Lanjutan

Tambelopapua.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika mengadakan sensus penduduk lanjutan pada distrik, kelurahan dan kampung di Kabupaten Mimika. Sensus kali ini adalah lanjutan dari Sensus sebelumnya pada tahun 2020 lalu.

Kasubag Umum BPS Timika, Beni Hasibuan mewakili Kepala BPS yang sedang cuti yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/5/2022) mengatakan untuk sukseskan kegiatan ini pihaknya bermitra dngan berbagai pihak di Timika untuk jadi petugas sensus untuk turun lapangan.

Beni di ruang staf

BPS Timika kata dia telah merekrut sekitar 70-80 orang dan telah mengikuti pelatihan jadi petugas sensus.

Mereka kami rekrut sekaligus mengikuti pelatihan selama beberapa waktu di Hotel Horison. Untuk sensus kali ini petugas berpijak pada data yang dikirim BPS pusat dimana dalam satu kelurahan/kampung ada beberapa blok dan setiap blok ada nama sudah ada dari pusat. Petugas ke lapangan hanya tertuju pada nama-nama itu.

Sensus mulai Juni sedangkan Mey petugas turun ke kelurahan dan Kampung liatin blok-blok dan nama-nama warga yang akan diambil datanya. Jadi semua warga yang ada di blok di semua kelurahan dan kampung didata semua tapi hanya petugas ambil sampel saja kemudian BPS Timika olah dan kirim ke BPS pusat.

Dalam sensus penduduk lanjutan ini ada tiga distrik di gunung yang tidak masuk tahun ini. Karena sensus ini hanya lanjutan jadi data yang diambil hanya sampel saja. (rom/tow)

You cannot copy content of this page