news  

Tokoh Pejuang Kemanusiaan Tom Beanal,Meninggal Dunia.

Foto : Almarhum Tom Beanal Pejuang Perdamaian Dan Kemanusiaan

TP.COM | TIMIKA, Ucapan belasungkawa datang dari berbagai elemen masyarakat Papua, mendengar berita meninggalnya tokoh ada Papua. sekaligus mantan ketua Presidium Dewan Papua Tom Beanal.

Yang di kabarkan telah meninggal dunia di Singapure setelah berjuang melewati masa perawatan medis.

Diketahui tepat pukul 16.35 waktu Papua ,tanggal 29 Mei 2023 dikabarkan Tom Beanal telah meninggal dunia dirumah sakit Elisabeth Singapura.

Banyak orang Papua mengenal sosok almarhum Thom Beanal, sebagai tokoh Papua yang memperjuangkan Hak Hak Masyarakat adat kala itu. Diketahui Tom Beanal pernah menjabat sebagai ketua Presidium Dewan Adat Papua dan salah satu komisaris PT.Freeport Indonesia.

Sosok Tom Beanal di kenal luas masyarakat ada Papua pada tahun 2001, almarhum di kenal sebagai sosok tokoh pejuang perdamaian dan kemanusian bagi masyarakat Papua. yang bersuara untuk membela keadilan dan kesejahteraan orang asli Papua.

Diketahui almarhum pada tahun 2001 ” Tom Beanal terpilih sebagai ketua menggantikan almarhum Theys Hiyo Eluay. Keputusan itu dibuat pada Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua yang digelar di Jayapura, Papua tahun 2001. Pertemuan itu dihadiri sekitar 200 peserta dari 16 lembaga adat se-Papua “.

Mendengar hal itu ketua komisi informasi Papua Wilhemus Pigai, mengungkapkan bela sungkawa dan menceritakan kisah sosok Tokoh Papua itu.

Almarhum juga pernah menjabat di Lembaga Masyarakat Adat  Amungme (LEMASA) khususnya dalam advokasi Pelanggaran HAM  yang terjadi  di tanah Amungsa.

Bapak Tom Beanal merupakan  sosok pemimpin yang memperjuangankan pengakuan atas martabat dan harga diri manusia Amungme.

Selain itu. Bapa Tom Beanal merupakan  tokoh  pejuang Perdamaian dan  Kemanusiaan diatas Tanah Papua ini. Sudah banyak hal yang telah dilakukan bapa Thom Beanal ditanah papua ini. Tegas Wilhemus Pigai

” Selamat jalan bapa Tom Beanal ke rumah bapa disurga, doa kami semoga arwah bapa diterima disisiNya “.Ungkap Wilhemus Pigai. (YongQ)

You cannot copy content of this page