Dukung Ekonomi Masyarakat YPMAK Bangun Koperasi binaan Pertama Di Pesisir Mimika.

MIMIKA,|Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme Dan Kamoro(YPMAK). Terus Meningkatkan Pelayanan Terhadap Masyarakat Mimika Khusus Masyarakat Distrik Jita, Dengan Sumber Pengelola Dana Kemitraan PT.Freeport Indonesia.16/08/2023

Mengelola sumber dana kemitraan PT.Freeport Indonesia, YPMAK membangun sebuah koperasi konsumen jita mandiri jaya.

Dengan tujuan dapat membantu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat pada warga distrik jita, Mimika Timur jauh, Papua Tengah.

Foto: Rombongan dan tamu undangan saat di jemput warga jita menuju lokasi peresmian kantor koperasi.

Wakil Direktur YPMAK Ihfa Karupukaro, yang ikut langsung. Untuk meresmikan bangunan koperasi binaan YPMAK konsumen jita mandiri jaya.mengatakan.

Pasca pandemi covid-19 beberapa tahun lalu. YPMAK kembali melebarkan sayap untuk melayani masyarakat yang ada di kampung pesisir Mimika.

Foto: Tamu Undangan saat mengikuti acara peresmian

Jarak kampung masyarakat distrik jita ke pelabuhan pomako harus melewati jalur laut. Dimana cuaca dan gelombang air laut menjadi tantangan berat warga untuk membawa hasil yang ingin di jual ke Timika.

Sehingga terobosan YPMAK membuat koperasi pertama di wilayah pesisir. Dan akan terus didampingi oleh YPMAK sendiri hingga bisa mandiri nantinya.

Dengan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam. Koperasi ini akan menampung hasil masyarakat yang akan di bawa ke kota timika. Dan dengan harga subsidi.

Foto: Tim YPMAK dan tamu undangan sesi foto bersama sebelum kembali ke Timika.

“Kami mohon kepada warga distrik jita, kita gunakan dengan baik,laporan baik, jangan takut bagi pengelola koperasi ini”. karena YPMAK akan terus mendampingi hingga bisa mandiri nanti.

Harapan kami (YPMAK) semoga koperasi ini bisa menjadi contoh bagi kampung pesisir yang ada di wilayah pesisir mimika masuk pelayanan YPMAK.

Danramil Distrik Agimuga Dan Jita Yohanes Wenda. Dalam sambutannya mengatakan. Pendidikan lah yang utama sehingga apa yang sudah di buat YPMAK sangat berterima kasih. Sekarang kembali ke masyarakat bagaimana kita meningkatkan pendidikan supaya dalam mengelola koperasi ini.

Danramil Yohanes Wenda,mengucapkan terima kasih kepada ypmak yang telah membangun koperasi distrik jita,saling membantu warga dalam meningkatkan ekonomi.
namun sangatlah penting bagi masyarakat sendiri adalah pendidikan.

Mewakili LEMASKO. Thomas Mutaweyao mengatakan. LEMASKO memberikan aspirasi yang tinggi kepada ypmak, yang telah membangun sebuah koperasi menjadi perpanjangan tangan dalam mengurangi beban masyarakat distrik jita dan sekitarnya.

“Masyarakat kedepanya sudah tidak susah lagi. Karena hasil jualan tinggal di bawa ke sini. “Tidak susah payah mau cari bahan bakar untuk ke kota timika”.

Namun kini  masyarakat sudah mudah dengan adanya koperasi konsumen jita mandiri jaya. yang dibangun oleh YPMAK ini.

Pewarta:Yongki
Editor: Isak Mwr

You cannot copy content of this page