Binfora Timika Gelar Anfarfur Aidoram dihadiri Bupati Mimika Eltinus Omaleng

Bupati Mimika Dr.Eltinus Omaleng, SE.MH Momen Foto Bersama (Foto/yongki)

MIMIKA,TP.COM | Bupati Kabupaten Mimika Dr.Eltinus Omaleng, SE.MH Hadir Pada Prosesi Ibadah Dan Penyerahan Secara Simbolis Pemasangan Atap Pertama Pada Pembangunan Rumah Adat Suku Biak Kerukunan (Binfora) Timika.

Kehadiran orang nomor satu di Mimika itu, Eltinus Omaleng adalah sebagai bentuk dukungan bagi setiap kerukunan yang ada di kabupaten Mimika,Papua Tengah. 20/09/2023

Bupati Mimika berkesempatan menghadiri pemasangan atap atau dalam bahasa biak “Anfarfur Aidoram Binfora Mimika”, yang terletak di jalan,cenderawasih (SP.2) Timika.

Kehadiran bupati Mimika Eltinus Omaleng disambut dengan tarian adat suku biak numfor raja ampat (BINFORA). Yang diantar  menuju lokasi pembangunan Aidoram Binfora Timika yang saat ini sudah masuk dalam proses pemasangan atap gedung.

Dalam sambutannya bupati Mimika Eltinus Omaleng, mengapresiasi kerukunan Binfora Timika dalam prosesnya dapat membangun Aidoram secara swadaya bersama warga Binfora Timika.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Mimika terhadap seluruh kerukunan yang ada di Mimika. dikatakan bupati Omaleng. “Pemkab Mimika akan memberikan bantuan dana untuk menopang penyelesaian pembangunan aidoram (Rumah Adat Biak) kerukunan Binfora Timika.

Dikatakan bupati, bantuan dana tersebut akan di tambah dengan jumlah perhitungan swadaya kerukunan byak, guna pemasangan lantai keramik dan atap hingga selesainya dengan jumlah nilai bantuan mencapai 1.5 Miliar .

“Kita pemerintah akan bantu, hingga proses pembangunan yang awalnya swadaya bisa di selesaikan, kita akan bantu di APBD perubahan nanti”. Tegas bupati Omaleng.

Dalam sambutan ketua Binfora Timika Richard Wakum mengatakan.

“Pembangunan Aidoram merupakan pergumulan panjang kerukunan Binfora Timika dalam masa empat (4) periode kepengurusan. Dirinya berpesan kepada seluruh warga binfora Timika”.

“Untuk tidak putus asa dan bersatu padu menyelesaikan Aidoram yang nantinya dapat dipakai untuk berhimpun dan bersekutu antara sesama warga binfora Timika”.tegas ketua Binfora

Secara simbolis proses pemasangan atap seng pembangunan Aidoram dilakukan bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE.MH. didampingi ketua Binfora Timika Richard Wakum, MM. dan pendeta Moses Rumbino yang di awali dengan pengguntingan pita.

Aidoram Binfora Timika melakukan peletakan batu pertama sejak tahun 2022 lalu, dan hingga kini masih dalam proses pembangunan dengan menggunakan dana swadaya warga kerukunan Biak Numfor Raja Ampat (Binfora) Timika.

Pendeta Moses Rumbino pada sesi ibadah singkat khotbahnya memberikan penguatan bagi warga Binfora Timika untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap kehidupan.

Termasuk dalam pembangunan Aidoram dengan mengangkat kisah nabi daud seperti yang tertulis didalam Alkitab.

Kegiatan tersebut juga di hadiri ketua Lembaga Masyarakat Amugme(Lemasa), dan Ketua Kerukunan (IKT) dalam prosesi siang tadi.

Pewarta:Yongki_

You cannot copy content of this page