NEWS  

Jelang Kampanye Serentak,Bawaslu Mimika Tingkatkan SDM Panwas 18.

MIMIKA,TP.COM| Jelang kegiatan pemilihan umum (Pemilu) serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), untuk Anggota Panwas dan Sekretariat Panwas 18 distrik se-Kabupaten Mimika.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Mimika dan juga sebagai ketua panitia kegiatan, Faisal Tura, SH dalam penyampaianya mengatakan bimtek ini, masing-masing divisi akan mempersentasekan metode pengawasan mulai dari tahapan pemutahiran data Pemilu, pengawasan DPT, imbauan, saran  dan perbaikan.

Dalam Bimtek ini menghadirkan juga pemateri dari Polres Mimika dan Kejasaan Negeri Mimika.

Hasil dari giat ini akan menjadi catatan evaluasi bagi 18 Pandis dan sekretariat.

“Saya harap output kegiatan hari ini akan menjadi evaluasi bagi Pandis dan Sekretariat,” katanya.

Disisi lain, Ketua Bawaslu Mimika, Frans Wetipo, ST mengatakan dalam Bimtek kali ini akan disampaikan terkait pengelolaan keuangan, penanganan pelanggaran, pencegahan pelanggaran dan penanganan sengketa di setiap distrik.

Menurutnya dalam giat Pemilu kali ini, Mimika adalah barometer DOB Papua Tengah, dengan 236.996 daftar pemilih tetap, tersebar di 954 TPS.

Sehingga dalam mengawasi rangkaian pesta demokrasi, Pandis wajib dibekali dengan pengetahuan terkait pengawasan Pemilu.

“Kami berharap kegiatan pengawasan bisa dilakukan dengan baik agar Pemilu bisa berjalan aman dan damai di Kabupaten yang kita cintai ini,” ucapnya.

Usai sambutanya, Ketua Bawaslu Mimika didampingi anggotanya dan Korsek serta perwakilan Pandis memukul tifa sebagai tanda membuka kegiatan. Setelah itu dilakukan penyempaian materi.

Wartawan/Editor: Rayar

You cannot copy content of this page