NEWS  

Maritim Muda Prov.Papua Tengah lakukan Seminar Pentinganya Literasi Ekonomi Kreatif

Zoom Seminar MMN Papua Tengah,Pentingnya Literasi Ekonomi Kreatif(Foto:redaksitambelo)

PapuaTengah| Maritim muda Nusantara (MMN) Provinsi Papua Tengah, menggelar seminar Nasional dengan tema “pentingnya literasi dalam ekonomi kreatif dan berkelanjutan”.(5/5/2024)

Pemateri dalam seminar tersebut yakni meki tebai mengatakan,Pendidikan adalah hal yang penting bagi setiap individu dan bangsa. Sebuah negara yang memiliki pendidikan yang berkualitas akan memiliki sumber daya manusia yang handal dan mampu bersaing di dunia global. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, diperlukan adanya upaya yang komprehensif dan terintegrasi, salah satunya dengan menerapkan literasi dasar.

Literasi dasar adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu. Ada enam jenis literasi dasar yang harus dikuasai, yaitu literasi membaca dan menulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, serta literasi budaya dan kewargaan. Setiap jenis literasi ini memiliki peran masing-masing dalam kehidupan sehari-hari dan perkembangan seseorang.

Dalam konteks pendidikan, menerapkan literasi dasar menjadi hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, literasi dasar merupakan dasar yang harus dimiliki sebelum mempelajari materi yang lebih kompleks. Dengan menguasai literasi dasar, siswa akan mampu memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hari kedua seminar pemateri yakni Kurniawan Patma mengatakan dengan tema materi ekonomi kerakyatan.

“Ekonomi rakyat atau kerakyatan adalah sebuah sistem ekonomi diprakarsai oleh Muhammad Hatta, Bapak Ekonomi sekaligus Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Di masa krisis moneter 1998 silam, ekonomi kerakyatan adalah sistem yang sangat dielukan. Alasannya, di masa itu sistem ekonomi kerakyatan dianggap berhasil menyelamatkan UMKM dari bencana kemiskinan”.

Hingga saat ini, ekonomi rakyat adalah salah satu sistem pengelolaan ekonomi terbaik. Sayangnya, banyak dari kita kurang memahami apa itu ekonomi rakyat. Supaya lebih paham, simak pengertian sistem ekonomi kerakyatan.ungkapnya

Memasuku hari ke-3 pemateri Gde Oka membawakan materi berisikan Ekonimo Kreatif Laut.

“Pengembangan ekonomi maritim dari regulasi yang sesuai dengan seluruh pihak baik itu dalam negeri atau luar negeri, yaitu empat hal lintas di perairan Indonesia dengan mencakup hak lintas damai, hak lintas transit, hak lintas ALKI, dan hak akses komunikasi”.

Dimana, “hak lintas damai ini dipaparkan di dalam pasal 17 UNCLOS tahun 1982, menyatakan bahwa akan memberikan hak kepada seluruh negara baik itu negara berpantai maupun tak berpantai. Menikmati hak lintas damai lewat laut teritorial dan pasal 18 yang menjelaskan tentang pengertian lintas sebagai pelayaran lewat laut teritorial”.

Regulasi lainnya yaitu ALKI ( Alur Laut Kepulauan Indonesia). Indonesia menjadi negara kepulauan atau dinamakan sebagai archipelagic state pertama di dunia dengan mempunyai bagan pemisahan alur laut atau TSS di alur laut kepulauan Indonesia.

Ketua Maritim Muda Provinsi Papua Tengah Yilianto Adii,menambahkan. “Kita sebagai Garda terdepan dalam peningkatan ekonomi kreatif dan berkelanjutan harus berperang aktif dalam pertumbuhan ekonomi kreatif dan mengelolanya sendiri demi kepentingan umum”.

Dirinya juga menambahkan, pentingnya peran pemuda aktif mendorong ekonomi kreatif di berbagai aspek. Diketahui Dalam Seminar tersebut diikuti 27 orang selama 3 hari kegiatan seminar dilakukan.(rayar)

You cannot copy content of this page