Usai Lantik Anggota PPD, KPU Mimika: Tidak Boleh Ada Kepentingan Luar

Foto bersama Komisioner KPU Mimika, Forkopimda Kabupaten Mimika dan Anggota PPD dari 18 Distrik,  (Foto : Anis)

TIMIKA| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah secara resmi melantik  Anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dari 18 Distrik se-Kabupaten Mimiika pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 mendatang. Pelantikan berlangsung pada salah satu hotel di Timika, Kamis (16/5/2024) juga turut hadiri Forkopimda Kabupaten Mimika.

Ketua KPU Mimika Dete Abugau mengatakan pelantikan PPD berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 8 Tahun 2022. PPD/PPK memiliki peranan krusial suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). menjelang Pilkada 2024 mendatang. Dete Abugau mengatakan, Untuk Mimika terdapat 18 Distrik, masing-masing Distrik ada 5 orang anggota PPD, terdiri dari 1 orang ketua merangkap anggota dan 4 orang anggota.

Pihaknya terus berpesan agar semua pihak menjaga komunikasi dan koordinasi agar bisa menghasilkan pemimpin kita yang lebih baik.

“Tadi kita sudah membaca pakta integritas juga mengikuti sumpah dan janji itu sudah kita harus pegang,” tegasnya. Dilantinya para PPD ini ia berharap bisa membantu KPU Kabupaten.

“Tidak boleh ada kepentingan luar, orang mau atur kita, itu tidak boleh, sudah janji, pendeta sudah doa. Pentingnya koordinasi, tidak paham berarti bisa bertanya ke bagian-bagian yang ada di KPU Kabupaten,”pesanya.

Koordinator Divisi (Koordiv) Data dan Informasi KPU Mimika Budiono, Budiono berpesan agar para PPD  bisa menyiapkan mental.

“Kita ini lembaga hirarkis jadi apapun keputusan kalian tolong dikoordinasikan dengan koordinator wilayah,”pesannya.

Ia mengatakan jangan pernah mengambil keputusan sendiri.

“Jika mau mengambil keputusan maka harus sesuai dengan aturan undang-undang. Jika ragu-ragu maka harus berkomunikasi,” ujarnya.

Kordinator Divisi (Kordiv) Hukum KPU Mimika, Hironimus Kiaruma mengatakan, Setelah pelantikan ini bukan ujung dari proses, tapi ini  baru memulai.

“Kita mau supaya PPD PPD untuk pilkada tahun 2024 ini adalah orang orang yang memiliki kualitas terbaik,  kapasitas, integritas, loyalitas harus dimilik sehingga pilkada besok ini harus jalan dengan baik,” tandasnya.

Ia berharap Anggota PPD telah dilantik hari ini bisa membantu KPU demi melaksankan tugas dengan baik dan penuh bertanggungjawab. Kordinator Divisi (Kordiv) SDM KPU Mimika, Delince Somua berharap PPD yang baru dilantik hari ini  harus jalankan tugas dengan jujur dan adil.

“Saya minta kepada kita semua, komunikasi sangat penting, kalau komunikasi hilang berarti semuanya hancur, ketua dan anggota harus jalan sama sama. Tidak boleh sendiri sendiri”. (rayar)

You cannot copy content of this page