UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2024 DI HADIRI PRESIDEN JOKOWI

Presiden Jokowi Saat Menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Blok Rokan Riau.(Foto:Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden)

TIMIKA| Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di tingkat pusat, Sabtu tanggal (1/6) di Blok Rokan, Provinsi Riau dan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 merupakan tema Hari Lahirnya Pancasila tahun 2024.

Hari Lahir Pancasila merupakan hari peringatan yang dirayakan sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Awal mula pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan Dasar Negara Republik Indonesia. Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945.

Hari Lahirnya Pancasila merupakan hari libur Nasional Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di tingkat pusat dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2024 di Blok Rokan, Provinsi Riau, yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian/lembaga, pimpinan Tentara Nasional Indonesia, pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pimpinan Pemerintahan Daerah Provinsi Riau, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), para tokoh, tamu undangan, dan perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah Provinsi Riau.

Editor: Yulia
Sumber: harlahpancasila.bpip.go.id

You cannot copy content of this page