Ketua LEMASA Berharap Hasil Seleksi Kepengurusan YPMAK Dominasi Amungme Kamoro

Jhon Manuel Magal Ketua Lemasa Timika.(Foto:tambelopapua.com)

TIMIKA| Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa), Menuel John Magal, berharap seleksi pengurus baru YPMAK dapat menghasilkan SDM handal yang akan mengatasi segala permasalahan.

Menurutnya, rekrut pimpinan baru YPMAK itu harus mencerminkan bahwa lembaga itu milik dari pemilik hak ulayat adat Mimika, yaitu masyarakat Suku Amungme dan Kamoro (AK).

“Seleksi pengurus baru YPMAK, itu SDM betul-betul dilihat, seleksi baik-baik. Perekrutan dipastikan akan mengatasi segala masalah. Karena saya liha YPMAK masalah di atas masalah,” ujarnya Sabtu 22 Juni 2024 via voicenotes WhatsApp kepada wartawan.

Lanjunya, banyak pekerjaan yang terbengkalai dalam kepengurusan periode sebelumnya, sehingga kepengurusan yang baru diharapkan menjadi pemecah masalah untuk hadirnya solusi berkelanjutan.

“Bahkan banyak pekerjaan yang terbengkala. Pemilihan ini harus betul-betul menjawab masalah yang dihadapi. Saya minta semua pihak, Freeport dalam hal ini SLD harus memprioritaskan Amungme dan Kamoro,”

“Freeport harus memprioritaskan Amungme dan Komoro, sehingga warna YPMAK mencerminkan betul-betul itu lembaga milik Amungme dan Kamoro bukan milik pendatang,”

“Saya melihat mayoritas yang bekerja di dalam, yang tampil untuk menghadapi masalah itu bukan Amungme dan Kamoro, artinya belum sepentuhnya keterwakilan dari Amungme Kamoro,” sebut John Magal.
Ketua Lemasa menegaskan, kuota organ pengurus YPMAK harus didominasi oleh masyarakat asli bukan dari pihak perusahaan.

“Formasinya dari pihak Freeport itu lebih banyak daripada Amungme dan Kamoro. Sekarang harus Amungme Kamoro yang jadi proioritas, sehingga tidak timbul kecurigaan masyakarat terhadap Freeport, bahwa ini kepentingan Freeport ataupun ini semua Freeport yang bikin masalah,” ungkapnya.

“Baik yang di badan pengurus, badan pengawas dan badan pembina harus didominasi oleh Amungme Kamoro, saya minta seperti itu,” tegasnya.

John Magal menilai bila komposisi kepengurusan masih belum didomominasi Amungme dan Kamoro maka seleksi pengurus YPMAK ini akan gagal ke depannya.

“Tapi kalau pemenuhan kuota dari Amengme Kamoro tidak terpenuhi dan sama seperti kemarin, maka saya berpendapat, bahwa pengurus baru akan gagal sama seperti yang kemarin,” tandasnya.(rayar)

You cannot copy content of this page