Agustus Mendatang BKPSDM Timika Gelar Pelatihan Kepemimpinan

Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Mimika, Drs Ananias Faot, MSi

Tambelopapua.com- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM) Kabupaten Mimika pada Agustus mendatang akan menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan. Pelatihan Kepemimpinan ini dibiayai oleh APBD Mimika tahun anggaran 2022.

Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Mimika, Drs Ananias Faot, MSi kepada Tambelopapua.com di ruang kerjanya, Senin (20/6/2022) mengatakan pelatihan kepemimpinan yang akan diselenggarakan antara lain Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang dulunya PIM 3, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dulunya PIM 4, dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang dulunya PIM 2.

” Sesuai perkembangan zaman nama diganti lagi. Kalau dulu PIM sekarang berubah jadi Pelatihan Kepemimpinan sesuai jenjang,” 8 kata Ananias.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator terdiri dari Kepala Bidang, Kepala Bagian, sedangkan Pelatihan Pengawas untuk Kepala Sub Bagian dan Bidang. Untuk Pelatihan Kepemimpinan Administrator berjumlah 30 orang, dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas juga 30 orang sedangkan Pelatihan Nasional ada 9 orang dan bisa lebih.

Pelatihan kepemimpinan ini akan berlangsung selama 2 bulan setengah dengan pola satu bulan lebih dalam kelas, dan satu bulan kembali ke OPD masing-masing. Untuk PKA dan PKP akan berlangsung di Timika dengan menggunakan Wisma Atlit. Pengajar atau Widyaiswara jelas dia akan didatangkan dari BKPSDM Provinsi dari Jayapura. Sedangkan Pelatihan Kepemimpinan Nasionan (PKN) akan diselenggarakan di Jayapura. Untuk PKN widyaiswaranya juga BKPSDM Provinsi dan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta.

PKN akan diikuti oleh para kepala OPD yang direncanakan berjumlah 9 orang tapi bisa lebih jadi 10 orang. Metode pembelajaran sama 1 bulan lebih dalam kelas, 1 bulan kembali ke OPD masing-masing setelah itu dua atau tiga hari ujian.

Dia menerangkan pelatihan kepemimpinan ini wajib diikuti oleh pejabat eselon 2, eselon 3 dan eselon 4 di lingkungan Pemkab Mimika.

Penulis: Yongky RayarEditor: Two

You cannot copy content of this page