news  

Anton Bukaleng Resmi, Menjadi Ketua DPRD Mimika Masa Jabatan 2019/2024.

TimikaPapua_ Anton Bukaleng, SSos MSi Anggota DPRD Mimika dari Fraksi Golkar diambil sumpah dan dilantik sebagai Ketua DPRD Mimika sisa masa jabatan 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Mimika, pada Rabu (16/2/2022).

Anton mengucapkan sumpah janji sebagai Ketua DPRD dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Mimika. Usai mengucapkan sumpah janji dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua DPRD, rohaniwan dan Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Mimika. Selanjutnya penyerahan Palu sidang dari Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme kepada Ketua DPRD yang baru dilantik.

Dalam penjelasan gubernur dalam SK tersebut bahawa Anton Bukaleng layak untuk diangkat sebagai Ketua DPRD Mimika. Sebelumnya Anton juga menjabat sebagai amggota DPRD Mimika berdasarkan pada SK Gubernur Papua Nomor 155/80/2020.

Dalam.sambutannya Ketua Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng, berterima kasih kepada Partai Golkar yang telah merebut dirinya sebagai Ketua DPRD sisa masa jabatan 2019-2024. Terima kasih juga kepada Ketua dan pengurus DPD Golkar Mimika yang mengangkat dirinya sebagai ketua DPRD. Juga kepada pimpinan dan anggota DPRD Mimika yang mendukung dirinya sehingga bisa dilantik hari ini.

Pelantikan dimasa agenda DPRD yang sudah jalan tentu memberi arti lebih bahwa usai dilantik langsung banyak pekerjaan yang menunggu.
Agenda dewan usai pelantikan Ketua ada banyak sesuai hasil Musyawarah dan kesepakatan melalui Bamus DPRD Mimika.

DPRD kata Anton sesuai UU ada tiga tugas yakni tugas legislatif, tugas pengangguran dan tugas pengawasan. Selain itu dalam melaksanakan tugas DPRD tetap menjaga hubungan kemitraan dengan pemerintah. Kemitraan artinya sejajar, sejajar sebagai unsur pelaksaan Pemerintahan di daerah.

Kedepan kemitraan ini terus ditingkatkan agar fungsi dan tugas-tugas Pemerintahan semakin kuat dan pembangunan di semua bidang semakin maju.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutan yang disampaikan Sekda Michael Gomar mengatakan dengan pelantikan Ketua DPRD peran dan fungsi dewan semakin kuat dimasa mendatang. Dewan sebagai lembaga legislatif adalah mitra yang sejajar dengan pemerintah untuk itu dewan berperan sebagai fungsi anggaran, legislatif dan pengawasan.

Pemkab Mimika, kata Bupati Omaleng berterima kasih kepada Wakil Ketua I yang telah memimpin lembaga DPRD Selama beberapa bulan ini serta bersinergi bersama pemerintah dalam membangun daerah ini.

Selamat juga kepada Ketua yang baru dalam mengemban tugas dan peran sebagai mitra pemerintah. memang tugas kedepan cukup berat tapi Ketua harus mampu membangun kekuatan di DPRD bersama semua anggota DPRD, fraksi dan Komisi dalam menciptakan iklim tugas yang harmonis.

DPRD sebagai lembaga politik diharapkan dapat menciptakan, kebijakan-kebijakan politik yang berpihak pada masyarakat.

RED_

You cannot copy content of this page