news  

SAR Timika_Operasi Pencarian 11 Korban KM. Usaha Baru diusulkan Tutup.

TIMIKAPAPUA_. Pencarian korban terhadap tenggelamnya KM. Usaha Baru yang dilaksanakan oleh Tim SAR Gabungan,  terdiri dari Basarnas Timika, Lanal Timika, Satuan Polairud dan Polsek jajaran Polres Timika, Koramil Jajaran Kodim Timika, Pol Airud Direktorat Polda Papua dan masyarakat. 12/07/2022

Beserta keluarga korban telah memasuki hari yang ketujuh namun pencarian yang dilakukan dengan menggunakan RIB 400 PK, untuk pencarian diperairan bagian tengah serta dua perahu karet/LCR untuk pencarian didaerah tepian. dan dua long boat milik keluarga korban serta melakukan penyisiran ditepian pantai dengan berjalan kaki belum juga membuahkan hasil.

TIM SAR Gabungan telah melakukan pencarian dari perairan Kokonao hingga perairan Kampung Akar, sesuai perhitungan SARMAP Prediction yang di kirim oleh Basarnas Command Center Pusat.

Selain melakukan pencarian secara langsung Basarnas Pusat juga sudah merilis lewat Aplikasi E-Broadcash, untuk kapal- kapal yang melintas didaerah perairan yang memasuki sektor pencarian.

Agar dapat memantau dan memberikan bantuan SAR Jika menemukan serta melaporkan ke Unsur SAR Gabungan atau ke petugas terdekat.

Tim sar gabungan juga telah melakukan pengusulan Maklumat Pelayaran lewat SROP dan Kesyahbandar Wilayah Timika, untuk menginfokan kepada kapal-kapal dan nelayan yang beraktifitas di sekitar area pencarian agar dapat memantau jika melihat atau menemukan tanda-tanda terkait keberadaan korban.

Dalam mendeteksi posisi kapal yang melintas Basarnas dibantu dari Bakamla RI, yang dalam tujuh hari terakhir banyak kapal yang terlihat melintas namun belum ada yang melaporkan akan adanya penemuan.

Kantor SAR Timika juga telah berkoordinasi dengan pihak keluarga korban untuk pengusulan penutupan, dan Unsur SAR Gabungan telah melakukan Debriefing dan mengevaluasi hasil pencarian hingga hari ke tujuh dengan hasil Nihil.

Serta tidak ditemukan tanda tanda keberadaan korban, dengan demikian  maka operasi sar terhadap KM. Semangat Baru di usulkan ke Basarnas Pusat untuk di tutup, dan Potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih.

RED_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page