Rapat Paripurna DPRD Mimika| Mengikuti Pidato Kenegaraan Jelang HUT RI 77.

TIMIKAPAPUA| Rapat Paripurna Pidato Kenegaraan HUT RI ke 77 yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Mimika, dipimpin oleh Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng,S,Sos,M,Si, didampingi Wakil Ketua satu, Aleks Tsenawatme,S,AB, Wakil Ketua dua, Yohanis Felix Helyanan,SE dan anggota DPRD Mimika. 16/08/2022

Turut hadir mewakili Bupati Mimika yakni Asisten I Setda Mimika, Paulus Dumais dan para pimpinan Forkopimda, para pimpinan OPD serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan utusan partai politik.

Laporan diawali daftar hadir oleh Sekretaris Dewan, Gat Tebay,AP, pernyataan pembukaan sidang oleh pimpinnan dewan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan mendengarkan pidato presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara langsung melalui televisi layar lebar.

Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng usai rapat, mengatakan, pidato dari ruang Sidang MPR RI, DPR RI, DPD RI dan dilanjutkan dengan  Presiden RI.

Pidato ketua MPR RI, ketua DPR RI, dan Presiden RI Jokowi itu agar kita mengetahui, apa yang disampaikan ini menjadi pegangan kita. Kita harus mengikuti pidato presiden ini,” ujar Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng.

Lanjut Kata Anton, rapat paripurna yang sama bukan hanya digelar di Timika, melainkan di setiap daerah lain di Indonesia pun melaksanakan rapat paripurna yang sama mendengarkan pidato Presiden RI secara daring.

Tidak hanya di Timika saja, tapi di seluruh kabupaten melaksanakan paripurna mendengarkan pidato presiden. Pidato presiden ini akan jadi undang – undang dan harus diikuti sampai di tingkat daerah jelasnya.

Sementara itu, berkaitan dengan tema HUT Kemerdekaan tahun ini, yakni ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, Anto memaknainya dengan harapan Mimika dapat lebih semangat dan kuat.

Sesuai tema nasional tahun ini, saya berharap masyarakat Mimika bisa semakin semangat dan lebih kuat ke depannya.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di awal sambutannya menyampaikan bahwa saat ini setiap negara sedang mengalami krisis global. Hal ini, kata dia, harus dihadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan.

Presiden Joko Widodo sangat bersyukur karena di tengah tantangan yang berat, termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Dia menyebutkan, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan,” ucap Presiden Jokowi lewat pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI & DPD RI Tahun 2022.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa Indonesia berhasil mengendalikan inflasi. Katanya, pada Juli 2022 inflasi Indonesia mencapai 4,9%.

Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7%. Jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%,tururnya

Lebih lanjut dijelaskan bahwa inflasi yang terjadi saat ini dipicu oleh kelangkaan pasokan energi yang mana akibat konflik antara Rusia dan Ukraina.

Jokowi pun menyoroti sumber daya alam yang melimpah. Menurutnya sumber daya alam akan dapat menjadi kekuatan yang besar jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan.

RED|

You cannot copy content of this page