news  

7 Anggota Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa Se-Distrik Mimika Barat Resmi Dilantik.

Keterangan foto: suasana pengukuhan 7 pengawas pemilihan kelurahan/desa se-Mimika barat.

TAMBELOPAPUA.COM,Mimika | Tujuh anggota Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa Se-Distrik Mimika Barat resmi Dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum distrik Mimika Barat pada Senin, 06/02/2023 di Sekretariat panwaslu distrik Mimika Barat, Papua Tengah.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut turut dihadiri oleh anggota Bawaslu, Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu kabupaten Mimika, Pr. Samuel Anggota Panwaslu Distrik Mimika Barat, dan anggota Pengawas kelurahan/Desa Se-Distrik Mimika Barat.

Pelantikan dan Pengambilan sumpah dilaksanakan di hadapan Pastor Samuel yang berasal dari tokoh agama Katholik Paroki Santa Sisilia Sp 2 .

Ada sebanyak tujuh anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Distrik Mimika Barat yang dilantik sebagai berikut Kampung Atapo, Kiyura, Mimika, Migiwiya, Kokonao, April, dan Aparuka.

Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Kordiv Penyelesaian Sengketa, Blasius Narwadan mengucapkan selamat kepada para anggota Pengawas kelurahan/Desa yang baru saja dilantik dan selamat bergabung bersama Bawaslu Mimika dalam rangka pengawasan pemilihan umum tahun 2024.

Ia mengatakan PKD merupakan garda terdepan dalam pengawasan dan merupakan perpanjangan tangan dari Bawaslu kabupaten Mimika. Sebagai garda terdepan dalam pengawasan, anggota Pengawas kelurahan/desa perlu menjaga integritasnya sebagai seorang pengawas sehingga tidak dapat diintervensi dalam menjalankan tugas pengawasan.

Pria yang akrab disapa Ongen itu, mengungkapkan bahwa jika anggota tidak menjaga integritasnya dan dapat diintervensi maka pemilihan umum tidak akan berjalan dengan baik.

Selain itu, ia menghimbau kepada para anggota Pengawas kelurahan/desa yang baru saja dilantik agar melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan anggota Panitia Pemungutan suara (PPS) di lapangan karena persoalan bisa terselesaikan dengan cepat jika ada koordinasi yang baik.

“Ayo menyiapkan dayung untuk menghadapi gelombang di pemilu 2024” tutupnya.

Sementara itu, ketua Panwaslu Distrik Mimika Barat, Bernadeta Moyao mengatakan setelah pelantikan, anggota Pengawas kelurahan/desa akan di tempatkan di kelurahan/desa masing masing.

Tugas mereka adalah melakukan pengawasan terhadap Panitia Pemungutan suara (PPS) dan petugas pemutakhiran data pemilih dalam melakukan pencocokan data dan penelitian (Coklit) dilapangan.

Dalam tugas tersebut, Bernadeta mengajak seluruh anggota Pengawas kelurahan/desa untuk bersatu dalam menyukseskan pemilu 2024.

Wartawan,(Ochen)

Editor(YongQ)

You cannot copy content of this page