Kerukunan Fak-Fak Timika,Gelar Halal Bihalal.

Ket.Foto : Suasana Foto Bersama Forkopimda & Undangan Seusai Acara Halal Bihalal Kerukunan Keluarga Fak-Fak Di Kabupaten Mimika.16 Mei 2023

TP.COM. | TIMIKA,Kerukunan Keluarga Besar Fak Fak Kabupaten Mimika ( KKF) Hari Ini Menggelar Halal Bihalal 26 Syawal 1444H tahun 2023.

Halal bihalal kerukunan keluarga besar fak fak kabupaten Mimika tahun 2023, hari ini dilakukan di gedung emeneme yauware Timika, Papua Tengah. 16 Mei 2023

Dengan Tema. Dengan semangat satu tungku tiga batu,taburkan maaf sukacita hati dalam indahnya kebersamaan dan keberagaman silahturahmi.

Sub Tema. Melalui halal bihalal kerukunan keluarga FAK FAK kabupaten Mimika. Semakin meningkatkan iman dan taqwa.

Turut dihadiri oleh Plt.bupati Mimika Jhon rettob, ketua FKUB Mimika Ignasius Adi, perwakilan Danlanal Mimika, KH Saiful Islam Al Payage,SHM. selaku ketua (MUI) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Papua. Anggota DPRD kab.Mimika Norman Karupukaro,Kapolres Mimika I Gede Putra, George Okoare.

Laporan ketua panitia Halal Bihalal yakni ibu Kapolsek Mimika Baru Kompol. Saidah Hubrouw, SH.”  Sebagai dasar pelaksanaan panitia Halal bihalal kerukunan keluarga fak-fak kabupaten Mimika.

” Sumber dana dari Pemkab.Mimika, Sejumlah sumbangan sukarela dari kerukunan fak fak. Kami berterima kasih juga kepada pengurus kerukanan dan semua pihak yang turut berpartipasi kegiatan Halal Bihalal hingga berjalan lancar “.

Sambutan ketua kerukunan fak-fak kab.Mimika Haji Ibrahim Iba, S.IP.,M.KES. ” Dengan semangat Emeneme yauware Semboyan satu tunggu tiga batu kita saling menjaga kamtibnas menjaga toleransi umat beragama dan kerukunan yang ada di kabupaten Mimika “.

” Saya atas nama pribadi ketua kerukunan fak-fak memohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan acara Halal Bihalal ini tahun 2023 “.

Sambutan ketua MUI Provinsi Papua KH Saiful Islam Al Payage,SHM. ” Kita patut bersyukur ada di negara NKRI,Yang beragam budaya dan bahasa ” Papua saja ada 150 lebih bahasa dan budaya “. Sangat luar biasa sampai di bagi menjadi tujuh wilayah adat di Papua. sangat luar biasa bahkan bukan hanya di situ.

Agama di Indonesia sangat beragam dan sangat kaya raya makanya Indonesia di kenal ” berbeda beda tapi satu kesatuan Indonesia” . Ini adalah kekayaan kita sebagai pemuda harus mampu mempertahankan. Ada dua musuh kita saat ini yang sedang mengintai keberagaman kita yaitu.

Fondamentalisme dan libralisme adalah musuh pikirkan yang ingin menghancurkan bhineka tunggal Ika yang ada di Indonesia. Sehingga ada dua amanah yang di titipkan kepada kita, menjaga agama karena bangsa kita ini adalah beragam agama sehingga kita tidak bisa saling menyalahkan.

” Karena kabupaten fak-fak bisa memberikan contoh bagaimana nilai agama di kabupaten itu bisa mempertahankan toleransi antar umat beragama, karena  itu telah diajarkan oleh Allah SWT. Nilai agama nilai adat harus kita pertahankan “.

” Yang kedua kita di tuntut untuk menjaga kebangsaan, yakni bangun persaudaraan antar bangsa dan agama. Persaudaraan antar manusia adalah nilai nilai dan menjaga kerukunan diantara kita.sehingga di ikat dalam persaudaraan antar anak bangsa “.

” Melalui kabupaten mimika, melalui provinsi Papua tengah.kami menyuarankan dalam acara halal bihalal mari kita jauhi perpecahan, perbedaan ,kita jauhi antar kita “.

Mengakhirii sambutannya KH. Saiful Islam Membacakan sebuah pantun ” Buah pala buah salak itulah nama buah buahan, burung cenderawasih burung Papua cukup sekian terima kasih.

Dalam suasana halal Bihalal, terlihat suasan yang sangat menarik dari anak anak. Persekutuan anak dan remaja (PAR) Gereja Tiberias Timika mengisin Pujia pujian dalam suasana halal bihalal kerukunan keluarga besar fak-fak kabupaten Mimika dengan membawakan lagu yang berjudul “Bersujud Kepada Allah”.


You cannot copy content of this page