Poltek Amamapare Giat, Pemetaan Kampung Mawokauw Jaya.

Keterangan Foto : Suasana Mahasiswa Politeknik Amamapare Timika,Lakukan Pemetaan Peta Menggunakan Drone Di Kampung Mawokauw Jaya.Timika 26 Mei 2023

TP.COM | TIMIKA, Mahasiswa Politeknik Amamapare Timika, Program Studi Pertambangan. Bekerja sama dengan kampung Mawokauw Jaya hari ini. Melakukan Pemetaan Lokasi Kampung Mawokauw Jaya, sebagai bentuk kedekatan mahasiswa program studi politeknik Amamapare untuk menyentuh langsung ke masyarakat. 26 Mei 2023

Hal terebut disampaikan kordinator program studi pertambangan politeknik Amamapare Abd. Rahim S.TMT.

Dikatanyanya ” Tri darma perguruan tinggi, pengajaran penelitian dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat baik ke instansi pemerintah daerah dan pemerintah pusat“.

Pementaan peta yang di lakukan prodi pertambangan politeknik Amamapare ini, mengunakan sistem UFV atau Drone dalam pemetaan kawasan kampung Mawokauw jaya.

“Peta ini nanti bisa di bentuk dalam offerlay atau visual digital elektromodel kemudian visiografi untuk melihat daerah mana yang belum terjangkau dari pemerintah kampung. Bagusnya di lakukan apa begitu”.

Untuk mengetahui titik dimana keseluruhan peta dari kampung Mawokauw jaya itu sendiri. Sehingga kita tahu titik atau lokasi mana. Yang masih kosong untuk dapat di fungsikan oleh kampung itu sendiri.

Politeknik Amamapare Timika sendiri, ada namanya ilmu pertambangan pengukuraan tanah. Yakni ada lima program studi di kampus polikteknik Amamapare, kami sendiri dari prodi ilmu pertambangan.

Ada namanya mata kuliah dasar ilmu pengukuran tanah dan  mata kuliah perpetaan. Ini merupakan implementasi bagi mahasiswa ,dosen dimana ilmu yang diterima dikampus dapat kami terapkan di dunia kerja dan masyarakat khususnya.

Sesuai dengan komitmen MOU. kami dengan kampung Mawokauw jaya, untuk terus mengembangkan wilayah yang ada.

Tujuan dilakukannya pemetaan wilayah adalah untuk mengetahui sekaligus mempelajari kondisi, lokasi, tata letak dan potensi (local wisdom) suatu daerah yang akan dipetakan, dikelola, atau diberdayakan “.

Kampung Mawokauw jaya ini tahap pertama yang kami lakukan pemetaan, sesuai komitmen kami terus mengembangkan wilayah wilayah ini. Dan kami telah petakan 18 hektar dengan jangkauan ketinggian drone 100 meter hasilnya mendapatkan 205 gambar.

Yang nantinya kami akan olah di salah satu aplikasi pemetaan jika hasilnya bagus, kita akan pertahankan di ketinggian 100 meter, namun jika hasilnya kurang bagus kita akan turunkan lagi ketinggian drone tersebut.

Untuk keseluruhan kampung Mawokauw jaya sendiri ada 274 hektar data keseluruhan luas wilayah. namun tahap Pertama ini, kami sudah petakan 18 hektar nanti sisanya kita akan petakan lagi. hingga  keseluruhan bisa tercover semua wilayah kampung.

Keseluruhan luas wilayah kampung adalah 274 hektar ini bisa menyerap 2000 gambar. Sehingga jika seluruh wilayah sudah kami ambil gambarnya kita akan olah dengan aplikasi, hasilnya kita serahkan langsung ke pemerintah kampung. (YongQ)

You cannot copy content of this page