Dukung Program Sehat (PIS-PK). Satgas Yonif R 631/Atg Bantu Pendataan.

Foto : Suasana Satgas Yonif R 631/Atg Bantu Pendataan Keluarga Sehat di Desa Beanekogom.

MIMIKA,| Wujud kepedulian untuk meningkatkan kesehatan warga di pedalaman, personel Pos Tsinga Satgas Yonif R 631/Atg memberikan pelayanan kesehatan (Yankes) gratis dan Pendataan Keluarga Sehat dengan mendatangi rumah para warga di desa Beanekogom, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Sabtu, (24/06/2023).

Pos Tsinga Satgas Yonif R 631/Atg ikut mendampingi petugas dari Puskesmas Tsinga untuk melaksanakan kegiatan pendataan keluarga sehat di desa Beanekogom.

Letda Inf Alam Sugianto mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas untuk mensukseskan jargon Tsinga yaitu “Aman, Sehat dan Berpendidikan”. Dengan kegiatan ini terlihat keharmonisan antar Instansi dan TNI dapat terjalin dengan baik.

“Perlu adanya campur tangan Tim Medis dari Puskesmas dan anggota Pos TNI untuk melakukan pendataan keluarga sehat guna mencegah datangnya penyakit” ujar Danpos Tsinga.

Letda Inf Alam Sugianto menambahkan pemeliharaan kesehatan harus dimulai dari diri kita masing-masing, sehingga dengan tingkat kesadaran pentingnya pola hidup sehat diharapkan bisa meminimalisir perkembangan penyakit,

Sementara itu, Paman Alex petugas kesehatan dari Puskesmas Tsinga menyampaikan kegiatan ini merupakan lanjutan dari pendataan keluarga sehat.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) adalah suatu pendekatan layanan kesehatan yang menggali informasi faktor resiko terjadinya penyakit dalam suatu keluarga sehat dan untuk menilai status kesehatan keluarga.

‚ÄúDengan pendataan keluarga sehat, dapat diketahui keluarga yang mengikuti program KB, persalinan Ibu di fasilitas pelayanan kesehatan, Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap, Bayi mendapatkan ASI eksklusif dan pertumbuhan Balita dapat dipantau dengan baik” tegas Paman Alex.

Ucapan terima kasih kepada anggota Pos Satgas Yonif R 631/Atg yang telah membantu pelaksanaan kesehatan terpadu dalam pendataan keluarga sehat sehingga dapat berjalan dengan baik.

You cannot copy content of this page