SMK N1 Mimika, Terima Bantuan Reguler SMK(PK) Kemendikbud 2023.

Kepala sekolah SMK Negeri 1 Mimika Drs. Selsius E.Aron, M.Pd.

MIMIKA,| SMK Negeri 1 Teknologi Rekayasa Kabupaten Mimika,Papua Tengah. Tahun 2023 Kembali Menerima Bantuan Regelur SMK (PK), program pusat unggulan Oleh Kemendikbud Ristek Hal Itu Disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Mimika, Drs. Selsius E.Aron, M.Pd.

SMK (PK) adalah program yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. SMK (PK) artinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikembangkan sebagai Pusat Keunggulan. SMK (PK) adalah model satuan pendidikan bermutu jenjang SMK.

Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) sebagai program yang berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja.

Bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

Bantuan itu dibenarkan kepala sekolah SMKN1, tahun 2023 beberapa bulan lalu kami kepala sekolah yang masuk dalam SMK (PK), yakni ada 4 sekolah SMK di Timika. 14/Juli/2023

SMK PK reguler lanjutan 2023, diterima yakni SMKN2 mapurujaya, SMK Filadelfia, dan SMK Hermon timika. Khusus SMKN1 teknologi rekayasa  Mimika mendapatkan bantuan sebesar 150 juta.

“Kami telah diundang ke Jakarta untuk mengikuti bimtek. dan melakukan kerja sama dengan kementerian, melibatkan Kadis pendidikan Mimika, dan 4 kepala sekolah SMK (PK). Program  pusat unggulan yang ada di Timika”

“Telah di lakukan kesepakatan bersama (MoU) bahwa akan melakukan kegiatan peningkatan kompetensi guru sehingga guru SMK dapat mampu mengajar dengan baik, dalam rangka meningkatkan kwalitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang ada di SMKN1 KK”.

“Kami SMKN1 akan melakukan Pelatihan kepada tenaga guru pendidik untuk materinya kurikulum merdeka belajar, kita prioritas kepada tenaga pendidik khusus program pusat unggulan yakni, Kompetensi alat berat”.  Sehingga tenaga guru kita spesifik kepada mereka kedepannya kita akan mengundang tenaga ahli dari luar seperti dari kota ciancur dan kota lainnya.

Untuk meningkatkan kwalitas tenaga pengajar (guru). Kementerian Pendidikan,kepala dinas pendidikan Pemkab Mimika, 4 kepala sekolah SMK yang di pilih masuk SMK(PK) program pusat unggulan. telah melakukan kerja sama dalam bidang non fisik atau peningkatan kapasitas Tenaga guru

Bertujuan untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia SMK, antara lain kepala SMK, pengawas sekolah, guru, teknisi, dan tenaga administrasi untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia  kerja;

Memperkuat kompetensi keterampilan nonteknis (softskill) dan keterampilan teknis (hard skills) peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja

Ada 9 program kegiatan yang masuk dalam rencana pengunaan dana (RPD) yang di sepakati dengan kementerian pendidikan SMK bersama kadis pendidikan Mimika, juga 4 kepala sekolah yang masuk dalam program pusat unggulan SMK (PK).

Dalam rencana Penggunaan Dana (RPD) kedepannya 4 sekolah SMK (PK) yang ada di Timika, akan menggelar pameran tingkat SMK pada bulan November 2023 mendatang, guna menampilkan bidang dan kompetensi siswa, sehingga masyarakat, pihak industri dan dunia kerja yang ada tahu bahwa di Mimika ini ada beberapa sekolah SMK bidang keahlian.

“Siang tadi kami sudah bertemu langsung dengan kadis pendidikan Willem Naa, sehingga kedepannya kadis akan mengundang beberapa kepala sekolah SMK dan SMA untuk membicara kegiatan tersebut”.

Hal ini juga berkaitan dengan kebutuhan tenaga kerja bagi industri itu sendiri, ini yang kami mau tunjukan keterampilan siswa SMK yang ada di dunia kerja industri.

Tak menutup kemungkinan kami juga akan libatkan sekolah SMA yang ada di Timika. Sehingga pihak industri dan dunia kerja, tahu bahwa di Mimika ini SMK SMA juga siap.

Pewarta : Rayar
Editor : Isak Mwr

You cannot copy content of this page