NEWS  

Peringati Sumpah Pemuda dan Sambut Pesta Demokrasi, PC PMII Mimika Gelar Seminar

Caption: Suasana diskusi pada Seminar Sumpah Pemuda, di Ballroom Hotel Grand Tembaga, Minggu (29/10/2023), (Foto: Piringtua).

MIMIKA,TP.COM| Peringati Hari Sumpah Pemuda dan menyambut pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Mimika menggelar Seminar Sumpah Pemuda, di Hotel Grand Tembaga, Mimika, Papua Tengah, Minggu (29/10/2023).

Kegiatan seminar Sumpah Pemuda ini dilakukan guna memaknai sumpah pemuda untuk memperkuat komitmen dalam mengawal pemilu yang berintegritas dan berdemokrasi di tahun 2024 nanti.

Kegiatan ini turut hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Slamet Purba, Kasat Intel Polres Mimika, Komisioner Bawaslu, Komisioner KPU dan unsur forkopimda Kabupaten Mimika lainnya, serta diikuti oleh peserta yang datang dari berbagai kalangan pemuda dan mahasiswa di Kabupaten Mimika.

Abdul Rahman Bugis selaku ketua PC PMII Kabupaten Mimika mengatakan,selain memaknai nilai-nilai perjuangan dalam momentum sumpah pemuda,hal yang mendasari pelaksanaan seminar ini adalah carut-marut politik serta dinamika yang kerap terjadi di Mimika terutama di tahun-tahun politik.

Fahmi sapaan akrabnya,sangat berdampak pada sikap pemuda dalam menghadapi dinamika politik kedepan, terutama mengawal pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang.

Dikatakan Fahmi, elektabilitas pemuda dalam menghadapi dinamika politik di Kabupaten Mimika masih sangat kurang. Sehingga seminar ini diharapkan dapat memberikan edukasi yang baik kepada para pemuda.

“Momen ini merangkul pada seluruh pemuda dan disitulah kita akan berbicara,” terang Fahmi.

“Kegiatan ini kiranya mampu merangkul dan bisa memberikan buah pikir dan gagasan untuk bagaimana mempersatukan pemuda, bagaimana memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan,” tambahnya.

Selanjutnya, Kaban Kesbangpol Kabupaten Mimika, Yan Slamet Purba dalam sambutan pada pembukaan seminar mengapresiasi seminar yang dilaksanakan oleh PC PMII Mimika.

Berkata peran pemuda dalam momentum pesta demokrasi memiliki peran yang sangat luar biasa. Terutama dalam menyambut pemilu dan pemilu kada di tahun 2024 mendatang.

Lanjut Yan, untuk mewujudkan Pemilu dan Pemilukada 2024 yang sukses, aman dan lancar membutuhkan sinergitas dari lintas sektor, termasuk pemuda.

“Kita saling mengisi, bagaimana kita sukseskan pemilu 2024 karena ini merupakan tanggungjawab kita bersama, bukan tanggungjawab KPU sebagai penyelenggara, bukan tanggungjawab Bawaslu sebagai pengawas, bukan tanggungjawab TNI Polri sebagai penjaga keamanan dan ketertiban, tapi semua tanggungjawab bersama,” tandasnya.

Ia berharap, sinergitas antar semua pihak dapat tetap terjaga demi mewujudkan situasi dan kondisi di Kabupaten Mimika menjelang pemilu 2024 yang aman, damai dan lancar.

Kegiatan ini dibuka oleh Yan Slamet Purba ditandai dengan pemukulan tifa, dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Selanjutnya sesi pemaparan materi oleh para narasumber dari Bawaslu Kabupaten Mimika, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Polres Mimika dan Akademisi.

(Penulis: Piringtua).

You cannot copy content of this page