Bangun 14 Rumah Layak Huni Di Pomako Anggota DPRP Papua Jhon Gobay Apresiasi PJ Gubernur Papua Tengah.

Ketua Kelompok Khusus (Poksus) DPRP Jhon NR Gobay.

TIMIKA,tembelopapua.com– Setelah diambil sumpah janji sebagai anggota DPR Papua pada akhir tahun 2017.

Dikatakan Jhon Gobay dalam kunjungan kerja perdana ke daerah pengangkatan di Kabupaten Mimika sampai dengan Kabupaten Nabire.

Awal tahun 2018 Jhon Gobay sempat mendatangi daerah Pomako khususnya di dekat Pelabuhan,  melihat perumahan warga yang  perbedaannya sangat menyolok perumahan antara  masyarakat yang ada di dekat perkotaan dengan warga yang ada di dekat Pelabuhan pomako.(28/1/2024)

Dikatakan jhon warga pomako ini adalah salah satu pemilik adat di wilayah Kabupaten Mimika di mana terdapat sebuah perusahaan raksasa yaitu PT Freeport Indonesia.

“Sejak itu jhon Gobay dalam beberapa kesempatan berbicara di media untuk perlunya dibangun perumahan yang layak bagi mereka masyarakat yang ada di pomako, konsep yang kami gunakan yakni adanya sebuah perkampungan nelayan di pomako yang mungkin dapat juga dijadikan sebagai kawasan wisata bagi masyarakat luar tapi juga sebagai tempat tinggal bagi masyarakat yang ada di pemako”.

“Baik mereka yang menetap maupun mereka yang adalah berprofesi nelayan dari kampung-kampung yang ada di sekitar pomako seperti dari kekwa dari atuka dan lain-lain”.

Dikatakan jhon Ketika terbentuk Provinsi Papua Tengah  sempat menyampaikan kondisi ini kepada PJ Gubernur Papua Tengah melalui media whatsaap pribadi, terakhir kepada Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarminto.

Pada bulan Oktober 2023 ketika Pj Gubernur Papua Tengah Ribka haluk mengaktifkan kembali bupati Mimika Eltinus Omaleng, Ibu PJ Gubernur Papua Tengah kemudian mengajak Bupati Mimika untuk meninjau Perumahan masyarakat asli Mimika di pelabuhan pomako.

Lanjut Gubernur menyatakan akan membangun Perumahan bagi masyarakat nelayan yang ada di sekitar pomako, yang ke depannya juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata bagi masyarakat di Mimika maupun masyarakat di luar Mimika atau di Papua Tengah dan juga Papua lainnya.

“Pada  tanggal 23 Januari 2024 jhon mendatangi lokasi Perumahan yang dibangun oleh pemerintah provinsi Papua Tengah di pomako, pada kesempatan yang baik ini kami melihat sebuah pemandangan yang sangat menarik”

“Dari yang dahulu Perumahan kumuh telah berubah menjadi sebuah perumahan yang bagus perumahan yang modern, yang dibangun dengan kesungguhan hati pejabat gubernur provinsi Papua Tengah”.

Menurut jhon sebagai wakil rakyat yang selama ini menyuarakan perlunya rumah layak bagi masyarakat di sekitar pomako,Mimika kami menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang sungguh-sungguh luar biasa, kepada Ibu Pj Gubernur provinsi Papua Tengah.

Yang telah membangun 14 unit rumah layak huni, rumah yang  bagus untuk masyarakat yang ada di wilayah Pomako. Semoga Tuhan selalu akan memberkati Ibu Gubernur dalam perjalanan dan dalam kehidupan baik di kantor maupun dalam keluarga dan juga dalam kehidupan bermasyarakat.

Kami juga ingin memberikan pesan kepada Freeport Indonesia Pemerintah kabupaten Mimika, dan juga YPMAK, agar dapat membangun rumah yang layak seperti yang telah dibangun oleh pemerintah provinsi Papua Tengah.

Yang ada di sekitaran pomako dan juga di perkampungan lainnya agar ada rumah yang layak bagi masyarakat tetapi juga ada sebuah kampung nelayan yang dibangun dengan konsep 3S atau sagu sampan dan sungai yang merupakan filosofi dari masyarakat Timika khususnya suku kamoro atau Mimika wee.(red)

You cannot copy content of this page