news  

Pemda Mimika Lepas 177 Jemaah Haji 1445 H Tahun 2024

Suasana Pelepasan Jamaah Haji Oleh Pemkab Mimika Papua Tengah(Foto:Yull/tambelopapua.com)

TIMIKA| 177 jamaah haji telah resmi dilepas untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah oleh Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (18/5)

Ignatius Yoga Pribadi, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan mewakili Bupati Mimika melakukan pelepasan tersebut.

Dalam sambutannya Ignatius berpesan kepada calon jamaah haji agar meluruskan niat dan melaksanakan ibadah haji dengan baik karena keberangkatan para jemaah haji dari Mimika ini membawa nama baik pribadi dan daerah.

“Kepada calon jamaah haji, saya berpesan agar meluruskan niat dan melaksanakan dengan baik seluruh rangkaian ibadah haji. Luruskan niat guna memenuhi panggilan Allah Swt dan menjadi haji mabrur,” ujar Ignasius.

Kepala Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Mimika, Lukas Yasi menjelaskan bahwa 177 jemaah haji ini akan diberangkatkan melalui embarkasi Makassar. Keberangkatan para jemaah haji akan dibagi dalam dua kloter, yaitu 19 Mei dan 28 Mei.

Pelaksanaan pembinaan jemaah haji Kemenag sudah dilakukan dengan bimbingan Manasik haji. Bimbingan Manasik bukan hanya dilakukan di tanah air tetapi juga di tanah suci yang bertujuan agar menjadi bekal untuk mengerti cara ibadah haji dan memahami situasi yang ada di tanah suci dan hal tersebut telah dilakukan mulai dari saat pendaftaran sampai pelunasan.

Kemudian tahun ini jemaah tertua adalah berusia 72 tahun, sedangkan termuda berusia 20 tahun. Mesra Indah, jemaah termuda mengaku sangat bersyukur diberi kesempatan berangkat haji di usia muda. Butuh waktu 5 tahun menunggu sejak ia mendaftar untuk mengikuti ibadah haji.

“Ini atas izin Allah. Semoga saya bisa menjadi haji mabrur. Bagi teman-teman yang belum ada namanya, semoga secepatnya bisa menyusul menunaikan ibadah haji,” ungkapnya sambil tersenyum. (Yull)

You cannot copy content of this page