Pokir DPR Aleks Tsenawatme Bantu 6 Kelompok Tani Asli Papua

Penyerahan Bibit Secara Simbolis Oleh Kepala Dinas Pertanian Alince Irene Wanma Kepada Enam Kelompok Tani Asli Papua.(Foto:rayar/tambelopapua.com)

TIMIKA| Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Mimika Alex Tsenawatme,S.AB. melalui pokok pikiran (POKIR) DPR. pagi tadi telah menyerahkan saran prasarana pertanian yakni ribuan bibit sayur,buah dan ratusan alat bantu kerja ringan kepada enam kelompok tani binaan Asli Papua.

Ribuan bibit tersebut yakni bibit,jeruk, bayam, kangkung, durian, jagung, nangka, rambutan,alpukat, dan sejumlah alat petani kecil seperti gerobak,hand spayer,linggis dan parang.

Hadir dalam kegiatan ini, kepala Dinas Pertanian,Tanaman Pangan, hultikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Alice Irene Wanma secara bersama menyerahkan bantuan ribuan bibit dan sarpras kepada enam kelompok tani.

Dalam sambutannya Alince Irene Wanma mengucapkan terima kasih kepada wakil Ketua I DPRD kab. Mimika Aleks Tsenawatme Atas Kepedulian kepada enam kelompok Petani Lokal Asli Papua.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah melalui Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan, berharap kepada enam kelompok tani,bibit yang telah di serahkan agar di rawat dengan baik. Karena tanaman buah ini sangat baik dan langka sehingga kami berharap bisa di jaga dengan baik”.

Ditambahkan kadis.saat ini di Timika sangat langkah produksi buah lokal, pihaknya mengakui buah yang ada di Timika saat ini didominan masuk dari luar Timika dengan terdapat beberapa pabrik buah yang ada. Dinas pertanian dan perkebunan saat ini telah mengembangan petani buah guna memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga kelompok tani di harapakan harus semangat menanam juga merawat.

“Kita harus punya semangat menanam dan merawat bibit-bibit buah ini,sehingga nanti dapat membantu petani dalam peningkatan ekonomi keluarga. Kalau sudah panen jangan semua di jual tetap harus di konsumsi juga hasil panen itu bagi keluarga”.

Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Timika Rakam Suntoro, mengatakan enam kelompok tani setelah menerima bibit buah dan sayur juga sarana tani. harus lebih semangat lagi dalam mengembangkan tanamanya.

“Enam kelompok tani OAP ini,dari wilayah kota sampai daerah Irigasi,SP13 dan kampung sekitar SP5 yang akan menerima bibin sayur dan buah juga alat tani ringan,kami berharap jaga dengan baik apa yang sudah di berikan”.

Aleks Tsenawatme juga berharap agar enam kelompok tani dapat menjaga dan merawat bibit sayur dan buah dengan baik, menurutnya petani adalah ujung tombak dalam mempertahankan pangan di Mimika.

“Kami berharap jaga baik,bibit-bibit ini dan rawat.karena kami percaya petani adalah ujung tombak dalam mempertahankan pangan lokal di Mimika,”tutupnya.(rayar)

You cannot copy content of this page