NEWS  

Talk Show Paradox Papua,”Upaya Transformasi Konflik Melalui Mediasi Naratif”

Flyer Live Dialog Publik PBM-GKI Papua Tengah (Foto:PBM-GKI/tembelopapua.com)

TIMIKA| Lembaga Pusat Bantuan Mediasi GKI (PBM-GKI) di Tanah Papua Besok akan melakukan dialog TALK SHOW dengan tema Paradox Papua dan Transformasi Konflik.Upaya Penyelesaian Sengketa Melalui Upaya Pemberdayaan Mediasi Sebagai Pemberdayaan Transformatif terhadap sengketa,konflik dan kekerasan di Papua.

Kegiatan di maksud akan di laksanakan di salah satu hotel di Timika Papua Tengah pada Rabu 10 Juli 2024. Talk show tersebut akan dipandu oleh mediator yang juga sebagai Founder sekaligus ketua umum Analisis Papua Strategis(APS) yakni Laus Deo Calvin Rumayom,S.sos.,M.Si.

Mengenal sedikit Analisis Papua Strategis(APS) sebagai komunitas global putra putri Papua yang awalnya terhimpun melalui sebuah WhatsApp Group kecil yang memiliki hati dan perhatian bagi Tanah Papua dengan latar belakang berbagai profesi yang akan terus berkembang untuk pembangunan bagi Tanah Papua.

kemudian PBM-GKI juga menghadirkan Rocky Gerung sebagai pembicara utama. Dua keynote speech lainnya Pj. Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk dan Bupati Mimika, Johannes Rettob.

Siapa yang tidak mengenal sosok komentator politik yakni Drs.Rocky Gerung adalah seorang komentator politik,filsuf,akademikus dan intelektual publik indonesia yang tidak asing di dunia politik negeri ini. Rocky juga merupakan salah satu pendiri setara institute dan fellow pada perhimpunan demokrasi juga pernah mengajar selama 15 tahun di Universitas Indonesia.

Lembaga Pusat Bantuan Mediasi GKI (PBM-GKI) di Tanah Papua, adalah satu-satunya Lembaga Mediasi Terakreditasi Mahkamah Agung RI (SKKMA Nomor: 102/KMA/SK/IV/2022) yang independent, dan yang saat sudah melaksanakan Pelatihan sebanyak 30 Angkatan Pelatihan Mediator Bersertifikat Terakreditasi Mahkamah Agung RI dan berlangsung di seluruh Tanah Papua.

PBM-GKI saat ini telah meluluskan Mediator Bersertifikat di Papua yang melibatkan aktor militer, aktor ASN, Aktor Kelompok Profesi, NGO (Non-Governmental Organization, staf dan management), Aktor masyarakat sipil
(Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Tokoh Agama,Toko Masyarakat) menjadi Mediator bersertifikat lebih dari 600 orang sejak Tahun 2022.

PBM-GKI Berkedudukan di Kab. Mimika Provinsi Papua Tengah Indonesia, akan di Luncurkan (Launching) pada tanggk 17 Juli 2024, menjadi Mitra Strategis Pemerintah, berperan serta memanfaatkan, mengembangkan dan mendayagunakan
MEDIASI sebagai upaya penyelesaian sengketa, konflik dan kekerasan yang humanis dan mencipatakan, menduplikasi Mediator Profesional, yang berintegritas tinggi dan berdedikasi untuk Perdamaian.

Ketua umum Analisis Papua Strategis (APS) Laus Deo Calvin Rumayom,S.sos.,M.Si. bersama Rocky Gerung di rencanakan telah terbang menuju Timika dan akan di jemput oleh ketua(APS) kabupaten Mimika Jerry Nawipa bersama jajaran pengurus yang ada.

Kegiatan tersebut diketahui akan melibatkan Berbagai kalangan masyarakat yang ada di kabupaten Mimika,yakni Politisi, ASN, TNI/Polri, Akademisi, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, LSM Sokemanusiaan, Advokat/Kuasa Hukum, NGO dan berbagai profesi lainya.(rayar)

You cannot copy content of this page