Setelah Terpilih Sebagai Ketua Umum PERPANI, Antonius Tapipea Akan Memberdayakan Anak Papua.

Keterangan foto: ketua terpilih Antonius Tapipea foto bersama pengurus PERPANI kabupaten mimika periode 2023/2027.

TAMBELOPAPUA.COM |Mimika, Setelah terpilih sebagai ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) kabupaten Mimika, Antonius Tapipea ke depannya akan melakukan pemberdayaan terhadap anak-anak Papua sehingga bisa terlibat dalam kejuaraan Daerah, Nasional maupun sampai pada tingkat Internasional.

Setelah terpilihnya ketua umum yang baru ini berdasarkan kesepakatan bersama dalam rapat yang dilaksanakan pada Sabtu, 28/01/2023 di salah satu caffe di Jalan Budi Utomo Timika, Papua Tengah.

Dengan berakhirnya Kepengurusan Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) periode 2018-2023 yang diketuai oleh Keri Yarangga, maka dilakukannya proses reorganisasi dalam membentuk kepengurusan yang baru.

Dalam proses reorganisasi ini, PERPANI kabupaten Mimika telah melakukan koordinasi dengan PERPANI Provinsi Papua, untuk itu bidang organisasi bertanggung jawab melakukan rapat lengkap yang dihadiri oleh pengurus panahan dan perwakilan dari pengurus club Panahan.Rapat lengkap ini dilakukan untuk menyusun struktur pengurus yang baru yang nantinya diserahkan kepada pengurus Provinsi Papua untuk diterbitkan Surat Keputusan.

Ketua Umum PERPANI yang baru, Antonius Tapipea menyampaikan terima kasih kepada pengurus yang lama ada mempersiapkan agenda event pengembangan di daerah yang berkaitan dengan cabang olahraga Panahan dalam menyongsong event-event Nasional.

Panahan ini merupakan salah satu cabang bergengsi, untuk membutuhkan atlet atlet yang terbaik di daerah yang nantinya dipersiapkan untuk ikut dalam kejuaraan Daerah, Pra Pekan Olahraga Nasional bahkan sampai pada Pekan Olahraga Nasional (PON)

kita berharap dukungan dari pemerintah KONI dan dinas Pemuda dan Olahraga untuk membantu dalam menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan, tentunya merujuk kepada pengurus yang baru dalam mempersiapkan atlet.

“Ke depannya kita melakukan event tradisional dan melibatkan club-club lokal yang ada di Mimika, selama ini mereka berpikir bahwa panahan ini hanya di gunakan untuk berburu tetapi kami akan melakukan pengembangan kepada mereka sehingga bisa melihat Panahan sebagai suatu Cabang Olahraga sehingga mereka juga bisa berkompetisi pada tingkat olahraga nasional sekelas Pekan Olahraga Nasional” tuturnya.

Sementara itu, Pelatih Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) kabupaten Mimika, Leo Worabay mengatakan untuk saat ini Ia dan rekan pelatihnya sedang mempersiapkan 4 atlet untuk ikut dalam Kejuaraan Kartini pada bulan Maret 2023 nanti, kejuaraan Kartini ini merupakan klas Nasional standar Bow untuk jarak 40 meter perorangan dan beregu.

Selain menghadapi kejuaraan Kartini, atlet dari PERPANI Mimika ke depannya juga akan ikut dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan diselenggarakan di Jayapura pada bulan April 2023, Porprov adalah salah satu ajang seleksi menuju Ora PON. Dalam menghadapi Porprov, PERPANI Mimika akan mempersiapkan 8 atlet untuk untuk berkompetisi dalam kejuaraan Daerah tersebut.

Leo mengungkapkan Sejauh ini ada terdapat tiga club Panahan yang telah dibentuk dan sedang mengembangkan potensi dari atlet kabupaten Mimika, tiga club tersebut di antaranya adalah Cenderawasih Arteri club, Nemangkawi Club, dan Tembagapura Club.

Menurutnya selama ini cabang olahraga Panahan dipandang sebelah mata padahal cabang olahraga Panahan ini merupakan salah satu cabang olahraga bergengsi di kancah internasional. Untuk itu, Ia berharap ada atensi dari pemerintah daerah terhadap cabang olahraga Panahan di kabupaten Mimika.

“Kami selama ini kekurangan diperalatan dan transportasi” tuturnya.

Menambahkan Indonesia juga masuk dalam juara umum olimpiade dan Asean Games untuk itu perlu dipersiapkan atlet atlet di Mimika khususnya 6 suku yang ada.ucapnya

Wartawan: ochein

You cannot copy content of this page