DPRD Mimika Sambut Baik Usulan Program Distrik Tembagapura

Foto Istimewa : Ketua I DPRD Kabupaten Mimika Aleks Tsenawatme, S.AB

TAMBELOPAPUA.COM |Timika, Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme yang maju dari Daerah Pemilihan V meliputi wilayah Tembagapura mengapresiasi usulan program prioritas pembangunan yang dihasilkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Distrik Tembagapura, Sabtu (18/3/2023) lalu.

Sebanyak 98 program prioritas berhasil ditampung oleh Pemerintah Distrik. Usulkan tersebut berasal dari masing-masing kampung yang sarana dan prasarananya belum memadai, atau menjadi keperluan mendesak yang memerlukan respon cepat dari pemerintah.

“Jadi terkait dengan Musrenbang tanggal 18 Maret itu sudah saya pastikan bahwa program yang diusulkan oleh masyarakat Distrik Tembagapura yaitu 98 program prioritas,” kata Alex Tsenawatme, Senin (20/3/2023).

Menurut Alex, program yang paling penting adalah pembangunan jembatan-jembatan penghubung antar kampung dengan kamping dan juga menghubungkan kampung dengan ibu kota Distrik, serta menghubungkan dengan fasilitas transportasi di Ainggogin.

Akibat longsor beberapa waktu lalu membuat akses jembatan penghubung tersebut putus. Akhirnya masyarakat merasa kesulitan untuk menjangkau kampung, ibu kota distrik maupun lapangan terbang.

“Kemarin itu karena longsor sehingga jembatan itu sudah putus, jadi harapan masyarakat harus ada jembatan supaya aktifitas ekonomi dan pelayanan orang sakit itu lancar,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengapresiasi sejumlah program prioritas Distrik Tembagapura yang telah diakomodir oleh dinas terkait. Program-program tersebut merupakan usulan yang perlu mendapatkan respon cepat, mulai dari pembangunan jembatan, fasilitas kesehatan berupa rumah sakit yang akan menjadi rujukan untuk kampung-kampung di Distrik Tembagapura.

Selain itu ada juga pembangunan perumahan bagi tenaga medis dan juga sarana dan prasarana pendidikan.

“Bagian dari program pertama dan kedua itu pustu di 13 kampung di distrik Tembagapura, tapi dengan adanya usulan program tahun lalu sudah diakomodir 9 program bagian dari pembangunan rumah sakit tipe B di Waa yang menjadi rujukan dari 3 kampung ini,” ungkapnya.

You cannot copy content of this page