Freeport Jalankan Empat Program Rekomendasi Riskedes

Keterangan Foto: Manager Comunitty Health Development (CHD) PTFI, Daniel Perwira

TP.COM | TIMIKA, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI), yang dilaksanakan tahun 2021 menghasilkan empat rekomendasi.

Manager Comunitty Health Development (CHD) PTFI, Daniel Perwira mengatakan, Empat rekomendasi yang menjadi fokus PT Freeport Indonesia dan Pemerintah kabupaten Mimika yakni revitalisasi air bersih dan masalah sanitasi, stunting, pengendalian malaria dan pelayanan kesehatan dasar.

Ini akan menjadi fokus kita ke depan, tentunya kita akan berbagi peran dan kita sudah diskusikan, mana yang menjadi peran pemerintah dan mana yang menjadi fokus PT Freeport.

Akan fokus pada kampung kampung yang terdampak operasi PT Freeport, dengan mengembangkan program program yang dihasilkan riskesdas.tegasnya

kita kolaborasi dengan pemerintah. Dan juga Stakeholder yang lain jadi pesan dari kepala dinas tadi sangat penting buat kita ingat bahwa ini harus dilakukan secara holistik komprehensif semua pihak. Terlibat ini seperti disampaikan tadi. Banyak. Bapak semua sudah ikut bergerak bersama.

Tapi kalau melihat dari sisi kita bahwa sejauh ini baik freeport maupun pemerintah lebih banyak melaksanakan giat dan lebih banyak di dalam ruangan, itu pun dari sisi daya tampung kapasitas itu sangat terbatas.

Itu yang ada setiap 3 orang yang sama dan bahkan kita belum meyakinkan orang itu nanti ketika dia pulang dari sini dia menyebarkan informasi ini apakah pola seperti itu nanti bisa berubah dalam menekan angka ini dengan menerjunkan langsung ke masyarakat masyarakat?

Tentunya kita akan melakukan. Lebih banyak action ya, tetapi action ini kan perlu ada suatu perencanaan ya perlu ada. Ini sesuatu pemahaman yang sama juga Antara semua stakeholder itu sehingga nanti ketika kita melakukan action dilapangan kita tahu terpadu dan kita itu memiliki sesuatu dan pendekatan yang sama juga. Nah. Seperti yang tadi disampaikan di dalam diskusi tadi ya.Tegasnya.

You cannot copy content of this page