14 Gubernur 293 Bupati, Hadiri PENAS XVI Sumatera Barat.

TP. COM | Sebanyak 14 Gubernur atau yang mewakili beserta 293 bupati walikota tercatat hadir di kota Padang, dalam rangka mengikuti Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke XVI Tahun 2023, di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dari tanggal 10 hingga 15 Juni 2023.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, saat memberikan sambutan dalam rangkaian pembukaan Penas di Lanud St. Sjahrir, Tabing. 10 Mei 2023

Tidak cuma kehadiran Gubernur, para petani dan nelayan juga akan memenuhi kota Padang dalam sepekan kedepan. Berdasarkan data registrasi peserta dari Kementerian Pertanian, sebanyak 19.443 peserta telah hadir.

Peserta terbanyak berasal dari Provinsi Sumut  mencapai 1 790 orang. Selanjutnya Riau mengirim 1.500 peserta,  diikuti Kalimantan Timur sebanyak 1.391 peserta, Jambi 1.386 orang. Sumatera Selatan mengirim 1 156 utusan, dan Aceh sebanyak 1.135 peserta. Sementara dari enam provinsi di Papua, tercatat peserta mencapai 1.083 orang.

Seperti diketahui, Penas Tani Nelayan ke-XVI resmi dibuka oleh Menko Perekonomian mewakili Presiden Joko Widoso.

Pekan nasional (Penas) Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilahturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Kegiatan Penas digagas oleh para tokoh tani, nelayan sejak 1971 dan menjadi wadah pertemuan kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling mengisi dan memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani, nelayan dan petani hutan.

Di tahun 2023, pekan nasional Ke-XVI diselenggarakan di padang sumatera barat yang di hadiri 23.780 orang yang berasal dari seluruh indonesia dan di hadiri menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo, para kepala daerah dari masing-masing daerah dan BUMN

Kabupaten Mimika dalam giat penas tersebut menjadi salah satu yang berpartisipasi dengan membawa berbagai komoditi unggulannya bersama petani nelayan serta pelaku produksi lokal papua.

Berbagai komoditi yang di promosikan dalam giat Penas padang ke-xvi diantaranya hasil produksi buah merah, kopi amuro, abon ikan, dan komoditi lainnya yang turut di promosikan plt. Bupati Mimika johannes Rettob yang berkesempatan hadir dalam even penas tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, plt. Bupati mimika Johannes Rettob mengapresiasi semangat para petani, nelayan, peternak dan pelaku UMKM di Kabupaten Mimika untuk terus mengembangkan diri.

Terus dikatakannya kehadiran kabupaten Mimika di ajang Penas tersebut memiliki target diantaranya peningkatan wawasan, melakukan promosi produk lokal Mimika agar di kenal di nusantara.

You cannot copy content of this page