NEWS  

TPNPB Papua Barat Klaim Tembak Mati Tiga Prajurit TNI Di Maybrat.

Timika,TP.COM|  Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Wilayah Kodap Sorong mengklaim melakukan penyerangan di kawasan kampung Ayata Kabupaten Maybrat, Papua Barat Dayadi bawah komando Manfred Fatem dan berhasil menembak mati tiga prajurit TNI.(30/11/2023).

Informasi ini berdasarkan siaran pers yang diterima dari Juru Bicara TPNPB OPM Sebby Sambom, Sabtu (2/12/2023). Dan di kutip dari pos kupang.com.

Dalam rilis video, wakil komandan operasi Manfred Fatem menyatakan penyerangan dilakukan oleh TPNPB Kodap IV pada Kamis (30/11/2023) pukul 15.25 WIT.

”Telah terjadi kontak senjata dengan TNI Polri, tiga TNI Gugur di dalam hutan jarak jauh sekitar 1 kilo meter (km) dari Kampung Ayata Distrik Aifat Timur tengah,” kata Fatem dalam keterangan video.

Setelah melakukan kontak senjata dengan TNI Polri, kelompok TPNPB memasuki Kampung Aimasa, tepat di depan SMP Negeri 1 Aifat Timur para Kombatan OPM melakukan kontak senjata dengan Prajurit TNI dan Polri.

“Kami bertahan sekitar satu jam di dalam kampung sedangkan aparat berada di pinggiran SMP Negeri 1 Aifat, mereka menembak kami ternyata mereka punya senjata tidak bunyi, saya dan pasukan mengejar mereka ke dalam hutan disaksikan langsung oleh masyarakat kampung,” ucap Fatem.

Dia juga mengingatkan kepada warga Maybrat agar segera angkat kaki dari wilayah perang dari mulai dari Sori hingga Ayata. “Tinggalkan wilayah perang biarkan aparat TNI Polri bersama kami berperang,” tegasnya.

Secara terpisah Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel TM Silitonga mengatakan, video yang dirilis oleh kelompok tersebut merupakan klaim sepihak. Kapolda juga menyebut bahwa akan mengejar mereka.

”Ini klaim sepihak aja, Tunggu waktunya saya akan kejar mereka ini, hidup atau mati,” tegas Kapolda saat dikonfirmasi.

Pewarta/Editor:Ongky

You cannot copy content of this page