Paripurna IV Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika

MIMIKA,TP.COM | Paripurna IV Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika dalam rangka mendengar pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Mimika dan penutupan pembahasan rancangan peraturan daerah Non APBD 2023.

Tujuh Fraksi masing-masing, Fraksi Golkarm Fraksi Nasdem, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PKB, Fraksi Perind-PSI dan Fraksi Demokrat, menera menyetujui delapan Ranperda untuk ditetapkan menjadi Perda Non APBD  Kabupaten Mimika tahun 2023.

Sidang paripurna IV Masa Sidang III tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD, Anton Bukaleng,S,Sos,M.Si, didampinggi wakil ketua I, Alek Tsenawatme,S.AB, juga hadir  Pj Sekda Mimika Dominggus Robert Mayaut mewakili Bupati Mimika, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda)  dan 22 Anggota DPRD di Gedung Paripurna DPRD, Kamis (16/11).

Pendapat akhir dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) yang dibacakan oleh Mariunus Tandiseno menerima dan menyetujui delapan Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda. Fraksi Golkar mendorong dan mendukung Pemerintah Kabupaten Mimika untuk terus bersama-sama berkomitmen  meningkatkan kinerja pelayanan publik pada masyarakat Kabupaten Mimika.

“Fraksi Golkar juga akan pengawal seluruh proses pembangunan, sekiranya dapat diterima dengan baik untuk kemajuan Kabupaten Mimika ke depannya. Kami fraksi Golkar mendorong dan Menindak lanjuti delapan Raperda untuk menjadi Perda. Setelah dilakukan kajian maka dengan ini Golkar memutuskan menerima dan menyetujui seluruhn delapan Ranperda  Non APBD untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah Kabupaten Mimika”ucapnya.

Selanjutnya pendapat akhir Fraksi Nasdem yang dibacakan oleh Yustinus M Tenawe, memberi apresiasi setinggi-tingginya terhadap Pemda Mimika yang telah menyusun Ranperda  Non APBD atas tiga rancangan yang merupakan hak inisiatif dewan dan lima Ranperda Usulan pemerintah daerah.

setelah membaca pendapatan akhir pemerintah maka partai  Nasdem juga menyambut baik ucapan terima kasih dan apresiasi yang disampaikan oleh pemerintah sehingga partai juga memberikan memberikan harapan yang besar. Nasdem juga berharap Ranperda Non APBD ini bisa memberikan mamfaat bagi  masyarakag  demikian Nasdem menerima dan menyetujui agar Ranperda non APBD bisa ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Mimika,”ungkap Yustinus.

Sementara Pendapat akhir Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan Yulian Salossa, mengingatkan agar antara lembaga eksekutif dan legislatif yang merupakan satu kesatuan yang memiliki peran dan fungsi yang seharusnya memegang Teguh konsistensi kejujuran dalam melaksanakan tugas yang mulia dalam rangka penentuan kebijakan dalam melaksanakan dan mengawasi  asas manfaat.

“Setelah mengikuti pembahasan bersama pemerintah daerah fraksi PDI Perjuangan dengan ini menyatakan menerima dan menyetujui untuk disahkan menjadi peraturan daerah, namun ada beberapa catatan yang penting untuk menjadi perhatian pemerintah daerah,”tegas Yulian Salossa.

Menurut Salossa, jangan Perda yang disahkan hari ini hanya prioritas belaka dan PDI Perjuangan meminta agar  soal dividen saham Divestasi PT Freeport yang belum dibayarkan selama lima tahun kepada pemerintah, agar Pemda harus tegas karena itu menjadi hak pemerintah Kabupaten Mimika sebagai Kabupaten penghasil tambang,”ucapnya.

Pendapat Akhir Fraksi Gerindra yang dibacakan oleh Nurman Karupukaro, mengataka, setelah Gerindra mendengar jawaban pemerintah terhadap bahwa harus ada peraturan bupati yang mengawasi tenaga kerja dan pihak swasta yang mempekerjakan tenaga asing atau tenaga di luar dari Papua selanjutnya perlu ada Balai Latihan Kerja yang bisa memberikan pelatihan bagi pencaker.

Fraksi Gerindra meminta kepada Pemerintah Daerah harus mengalokasikan dana untuk seni budaya suku kamoro yaitu festival di areal Pomako .

“Tempatnya harus disediakan oleh Dinas Pariwisata untuk selanjutnya dikembangkan menjadi hari seni budaya nasional, pemerintah juga harus menertibkan lembaga  Lemasa dan Lemasko, agar tidak ada lagi Lembaga tandingan,”tuturnya.

Sedangkan, pendapatan akhir Fraksi Partai  kebangkitan  Bangsa  (PKB) dibacakan oleh Miller Kogoya. Fraksi PKB menyikapi jawaban Pemerintah Kabupaten Mimika maka fraksi PKB  dapat menerima delapan Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda APBD.

Sementara itu Fraksi Perindo-PSI yang dibacakan oleh Samuel Bunai menyetujui delapan Raperda non APBD agar ditetapkan menjadi Perda, dengan catatan agar raperda tersebut harus disosialisasikan terutama Perda terkait seni dan budaya.

You cannot copy content of this page