Pleno Penetapan Belum Dilakukan, KPU Mimika ”Murni Keterlambatan Sistem”

Kordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Kabupaten Mimika Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy.(Foto/Zadrak.10/03/2024).

TIMIKA, (tambelopapua.com) Rapat pleno terbuka dan Rekapitulasi tingkat kabupaten dari seluruh 18 PPD telah selesai dilakukan beberapa hari kemarin, namun pleno penetapan Kabupaten masih diskors oleh KPU Mimika. (10/3/2024)

Skors waktu tersebut terus berlanjut hingga memasuki hari ke 3, hal ini menjadi pertanyaan bukan hanya pihak partai politik, warga kabupaten Mimika saat ini menunggu hasil penetapan pihak KPU Mimika pada pleno penetapan tingkat kabupaten.(10/03/2024)

Menanggapi hal tersebut para awak media bertemu dengan pihak komisioner KPU Mimika malam tadi di Gedung Eme Neme Yauware, yakni Kordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Mimika Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy. Untuk mengklarifikasi terkait keterlambatan proses pleno penetapan tingkat Kabupaten.

Menurut Kordiv Teknis, Fransiskus keterlambatan tersebut bukan kesengajaan dari pihak KPU Mimika untuk memperlambat Pleno namun murni keterlambatan sistem pada Sirekap KPU.

“Keterlambatan proses input karena PDF rumus pada dapil 1,2,3 Distrik Mimika baru, terjadi masalah saat proses import ke sistem (SIREKAP) Bukan hanya Mimika baru saja kemarin Distrik Wania mengalami kendala sistem yang sama”ungkapnya

Hingga saat ini KPU Mimika, telah berkordinasi ke pihak KPU Provinsi Papua Tengah dan Pihak KPU RI terkait persoalan keterlambatan sistem sehingga untuk itu KPU Mimika tetap menunggu sampai proses pengimputan selesai baru dilakukan pleno penetapan.

“Kami KPU Mimika telah berkordinasi ke KPU Provinsi dan KPU RI, Sehingga disampaikan ke kami tetap menunggu hingga proses pengimputan data PDF rumus ke sistem KPU (SIREKAP) selesai. Barulah kami lakukan Pleno penetapan kabupaten” Ungkap Kordiv.data KPU Mimika

Kordiv Teknis KPU Mimika mengatakan kendala tersebut dikarenakan data TPS di Mimika baru juga begitu banyak sekitar ratusan TPS, sehingga membutuhkan waktu untuk mengimput data PDF rumus kedalam sistem Sirekap KPU.tegasnya

Fransiskus juga mengatakan keterlambatan bukan sengaja dilakukan KPU Mimika,namun murni karena proses input data ke sistem sirekap KPU.

“Kami KPU Mimika tidak punya kepentingan kami netral, apalagi dikatakan sengaja memperlamat pleno penetapan. Ini murni keterlambatan sistem, ataupun server dari sistem sirekap KPU”, tegas Fransiskus.

Hingga malam ini dari pantauan wartawan dilapangan, Staff Operator KPU Mimika masih sibuk dengan pengimputan data di Ruang Pleno Gedung Eme Neme Yauwara Timika,Papua Tengah.(A. Rumaropen)

You cannot copy content of this page