Panglima TNI, Tidak Ada Penambahan Pasukan Dalam Operasi Pembebasan Pilot Susi Air.

Keterangan foto : Suasana Press Rilis Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Bersama awak Media di Lanud TNI AU Yohanes Kapiyau Timika. Papua Tengah.18/04/2023

TIMIKA,TP | Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak dan para perwira tinggi dari Markas Besar (Mabes) TNI saat bertemu awak media di Timika Selasa 18 April 2023.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah kelompok separatisme( KST) bersenjata melakukan penyerangan di Pos Militer Mugi-Mam di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.15/04/2023

Pangalima TNI dan rombongan saat berada di lanud TNI AU Yohanes kapiyau Timika, Panglima TNI Yudo melihat langsung proses evakuasi para prajurit yang bertugas dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air.

Menurut Panglima TNI, “Saat ini ada 1 yang meninggal Pratu Miftakul Arifin dan ada 4 orang yang luka tembak yang tadi baru dievakuasi semuanya dan alhamdulillah mereka selamat semua,” kata Yudo di Lanud  TNI AU Yohanis Kapiyau, Timika.Papua Tengah

Yudo menjelaskan, saat itu prajurit yang berjumlah 36 orang tengah bertugas untuk mencari keberadaan pilot Susi Air Captain Philip Mehrtens yang disandera KST pimpinan Egianus Kogoya. Di tengah perjalanan mereka dihadang oleh KKB dan baku tembak terjadi.

Dalam konferensi pers tersebut panglima TNI Yudo mengatakan kehadiran nya di Timika, guna melihat langsung dan berkordinasi juga evaluasi dengan prajurit di lapangan apa saja yang menjadi kekurangan untuk di lengkapi.

”Kehadiran kami disini untuk berkordinasi dengan prajurit di lapangan dan sekaligus melihat langsung proses evakuasi para korban” tadi saat evakuasi saya ( panglima TNI ) sudah bertemu  langsung dengan para prajurit, kondisi mereka ada yang luka luka tapi masih sempat mengucapkan Komando kepada saya.tegas panglima TNI

Menurut panglima TNI Laksamana Yudo Margono ”sampai saat ini tidak ada penambahan personil ke wilayah Nduga Papua, yang ada cuman pergantian personil dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air.

”kita hanya pergantian personil karena pasukan yang bertugas  saat ini sudah 1 tahun terakhir mereka bertugas di Nduga Papua dalam operasi penyelamatan pilot, makanya kita lakukan pergantian saja”. tegas panglima TNI Laksamana Yudo Margono kepada awak media di Timika, Papua Tengah.

”Pihaknya menegaskan berita yang beredar tentang adanya anggota TNI berjumlah Sembilang orang gugur adalah tidak benar, yang benar hanya satu prajurit TNI pratu Miftahul Arifin yang gugur setelah terjadi kontak tembak dengan KST saat proses penyelamatan pilot Susi air, di kabupaten Nduga, provinsi Papua Pengunungan.

Pewarta : ( YongQ )

You cannot copy content of this page